Mardani Ali Sera: Pentingnya Pancasila Bagi Negara dan Bangsa Indonesia

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berkesempatan kembali melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR dan menekankan bahwa Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk menggapai cita-cita nasional.

“Di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipegang oleh kita dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Lebih dari itu, nilai-nilai Pancasila sepatutnya menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga Pancasila menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia.” ujar Mardani di Brits Hotel, Karawang, Jawa Barat belum lama ini (21 Juli 2018).

Mardani menambahkan bahwa peran pancasila sangat fundamental bagi negara dan bangsa Indonesia. Maka dalam pembangunan karakter bangsa, Pancasila menjadi landasan utama dan merupakan rujukan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa. Dalam konteks yang bersifat subtansial, pembangunan karakter bangsa memiliki makna membangun manusia dan bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila.

Lebih jauh Mardani mengungkapkan bahwa 4 pilar, terutama Pancasila merupakan cita-cita besar bangsa Indonesia. “Bagaimana mewujudkan cita-cita besar ini? Kita mempunyai 5 sila didalam Pancasila yang harus selalu kita praktikkan dalam kehidupan di masyarakat.” ucap Ketua DPP PKS ini.

Legislator dari PKS ini juga melihat bahwa terdapat nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan yang terdapat dalam Pancasila. Dengan keimanan, manusia yakin bahwa Allah menciptakan dan mengatur alam semesta dan semua yang terjadi di dunia merupakan kehendak-Nya. “Ketaqwaan yang kokoh merupakan wujud sikap berserah diri secara ikhlas dan rela diatur oleh Allah. Selalu siap untuk tunduk dan mematuhi segala perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya.” tutup Mardani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s