RELEASE: Tiga Pesan untuk Dubes Baru

Terlepas dari pro kontra berkait dengan penerimaan para  kandidat dubes baru di masyarakat yang masih digodok oleh DPR, setidaknya ada tiga pesan yang ingin disampaikan Mardani kepada mereka.

Seperti yang diungkapkan Mardani-Anggota Komisi I DPR RI FPKS- di Senayan sore ini, “Saya pesan tiga hal untuk para (calon) dubes ini. Tiga pesan ini sangat penting di tengah permasalahan eksistensi Indonesia di luar negeri. ” Demikian ujarnya di tengah-tengah proses pemberian pertimbangan cDPR RI terhadap alon Dubes RI untuk Negara-negara sahabat/organisasi, sore ini.

Lebih lanjut, Mardani yang juga Kabid Humas DPP PKS ini menjelaskan tiga pesan tersebut:

1.Semestinya para Dubes ini nantinya dapat meningkatkan kapasitas perdagangan RI. Dengan demikian, defisit neraca perdagangan kita dapat diminimalisasi bahkan menjadi surplus. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan pemetaan pasar negara-tujuan terhadap potensi ekspor yang kita miliki. “ Potential market mapping menjadi keharusan, agar Indonesia dapat menentukan produk unggulan apa yang bias diekspor ke negara tujuan.”

2. Para Dubes harus dapat melakukan diplomasi yang menyeluruh agar konsep NKRI dapat terjaga dari berbagai gangguan disintegrasi. Contoh kasus adalah pembukaan kantor perwakilan Papua di London, juga kian maraknya lobi pihak-pihak yang menginginkan Indonesia terpecah. “Gaya diplomasi yang mumpuni perlu dimiliki oleh para Dubes, sehingga NKRI semakin kuat dengan dukungan internasional.”

3. Optimalisasi peluang2 lainya, khususnya bagi  peningkatan akses pendidikan dan tenaga kerja, di negara bersangkutan  yang dapat dimanfaatkan oleh putra-putri Indonesia. Misalnya, masa-masa indah zaman pak Habibie ketika pemerintah Jerman banyak memberi beasiswa ke Indonesia, termasuk peningkatan tenaga kerja Indonesia menjadi tenga kerja yang terlatih (skilled labours). “Para Dubes harus aktif membuka peluang belajar dan bekerja para pemuda/pemudi Indonesia di tempat mereka bertugas” tutup Mardani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s